RPP BAHASA INGGRIS K13 (REVISI 2020) SMK KELAS 12 BAB 1

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah           :   SMK ASKHABUL KAHFI

Mata Pelajaran    :   BAHASA INGGRIS

Kelas/Semester        :  XII TKRO / 1

Alokasi Waktu          : 4 x 45 menit

KD       : 3.2  dan 4.2

Pertemuanke  : 1

Materi

:

SURAT LAMARAN KERJA

 

A.    TUJUAN

 

          Menirukan guru membacakan beberapa surat lamaran dengan ucapan, dan tekanan kata yang benar.

          Mengaitkan kualifikasi dengan pekerjaan yang dilamar, dan membahas kesesuaiannya

          Mengidentifikasi perbedann dan persamaan kalimat-kalimat pembuka, pernyataan kualifikasi, dan bagian-bagian lainnya

          Membuat setiap bagian surat lamaran kerja disesuaikan dengan persyaratan yang tertera di iklan lowongan kerja

          Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja

          Menyusun teks khusus surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

 

B.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 

Media :

Ø Worksheet atau lembarkerja (siswa)

Ø Lembar penilaian

Ø LCD Proyektor/ Slide presentasi (ppt)

Alat/Bahan :

Ø Penggaris, spidol, papantulis

Ø Laptop & buku paket

 

 

PENDAHULUAN

·        Guru mengkondisikan siswa untuk belajar dengan mengucapkan salam kepada siswa, berdoa ketika memulai pembelajaran dan menanyakan siswa yang tidak hadir.

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

·        Guru memotivasi siswa dengan pertanyaan apersepsi terkait tentang lamaran kerja: “Pernahkah kalian melihat surat lamaran pekerjaan? Bagaimana cara penulisan surat lamaran pekerjaan dalam bahasa inggris?

·        Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang menawarkan jasa.

Critical Thinking

·       Guru memberikan video dan gambar pembahasan tentang lamaran kerja

·       Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan video dan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,

Collaboration

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Fungsi sosial

Communication

Peserta didik menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Fungsi sosial berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

Creativity

·        Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan

·        Menjawab pertanyaan tentang materi  Fungsi sosial yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

C.    PENILAIAN

-         Sikap  : Lembarpengamatan,              - Pengetahuan : LK pesertadidik,                 -  Ketrampilan: Kinerja&observasidiskusi

 

 

 

Mengetahui,

 

 

Semarang,   Juli 2020

Kepala Sekolah  

Guru Mata Pelajaran

 

Achmad Fauzi S.Pd.I.M.Pd.

 

Riza Arifiani,S.Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                    :   SMK ASKHABUL KAHFI

Mata Pelajaran         :   BAHASA INGGRIS

Kelas/Semester        :  XII TKRO / 1

Alokasi Waktu          : 4 x 45 menit

KD                    : 3.2  dan 4.2

Pertemuanke  : 2

Materi

:

SURAT LAMARAN KERJA

 

A. TUJUAN

          Menirukan guru membacakan beberapa surat lamaran dengan ucapan, dan tekanan kata yang benar.

          Mengaitkan kualifikasi dengan pekerjaan yang dilamar, dan membahas kesesuaiannya

          Mengidentifikasi perbedann dan persamaan kalimat-kalimat pembuka, pernyataan kualifikasi, dan bagian-bagian lainnya

          Membuat setiap bagian surat lamaran kerja disesuaikan dengan persyaratan yang tertera di iklan lowongan kerja

          Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja

          Menyusun teks khusus surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

 

B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Media :

Ø Worksheet atau lembarkerja (siswa)

Ø Lembar penilaian

Ø LCD Proyektor/ Slide presentasi (ppt)

Alat/Bahan :

Ø Penggaris, spidol, papantulis

Ø Laptop & buku paket

 

 

PENDAHULUAN

·        Guru mengkondisikan siswa untuk belajar dengan mengucapkan salam kepada siswa, berdoa ketika memulai pembelajaran dan menanyakan siswa yang tidak hadir.

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

·        Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Tempat dan tanggal, Penerima dan alamatnya, Sapaan, Isi surat serta Penutup

·        Pemberian contoh-contoh materi Tempat dan tanggal, Penerima dan alamatnya, Sapaan, Isi surat serta Penutup untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

Critical Thinking

·       Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : Mengajukan pertanyaan tentang materi Tempat dan tanggal, Penerima dan alamatnya, Sapaan, Isi surat serta Penutup

Collaboration

·        Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Tempat dan tanggal, Penerima dan alamatnya, Sapaan, Isi surat serta Penutup

·        Mengolah informasi dari materi Tempat dan tanggal, Penerima dan alamatnya, Sapaan, Isi surat serta Penutup yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

Communication

Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Tempat dan tanggal, Penerima dan alamatnya, Sapaan, Isi surat serta Penutup berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

Creativity

Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Tempat dan tanggal, Penerima dan alamatnya, Sapaan, Isi surat serta Penutup yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

C. PENILAIAN

-         Sikap  : Lembarpengamatan,              - Pengetahuan : LK pesertadidik,                 -  Ketrampilan: Kinerja&observasidiskusi

 

 

 

Mengetahui,

 

 

Semarang,   Juli 2020

Kepala Sekolah  

Guru Mata Pelajaran

 

Achmad Fauzi S.Pd.I.M.Pd.

 

Riza Arifiani,S.Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                    :   SMK ASKHABUL KAHFI

Mata Pelajaran         :   BAHASA INGGRIS

Kelas/Semester        :  XII TKRO / 1

Alokasi Waktu          : 4 x 45 menit

KD                    : 3.2  dan 4.2

Pertemuanke  : 3

Materi

:

SURAT LAMARAN KERJA

 

A. TUJUAN

 

          Menirukan guru membacakan beberapa surat lamaran dengan ucapan, dan tekanan kata yang benar.

          Mengaitkan kualifikasi dengan pekerjaan yang dilamar, dan membahas kesesuaiannya

          Mengidentifikasi perbedann dan persamaan kalimat-kalimat pembuka, pernyataan kualifikasi, dan bagian-bagian lainnya

          Membuat setiap bagian surat lamaran kerja disesuaikan dengan persyaratan yang tertera di iklan lowongan kerja

          Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja

          Menyusun teks khusus surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

 

B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Media :

Ø Worksheet atau lembarkerja (siswa)

Ø Lembar penilaian

Ø LCD Proyektor/ Slide presentasi (ppt)

Alat/Bahan :

Ø Penggaris, spidol, papantulis

Ø Laptop & buku paket

 

 

PENDAHULUAN

·        Guru mengkondisikan siswa untuk belajar dengan mengucapkan salam kepada siswa, berdoa ketika memulai pembelajaran dan menanyakan siswa yang tidak hadir.

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

·        Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Tanda tangan dan nama lengkap

·        Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

·        Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Critical Thinking

·       Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : Mengajukan pertanyaan tentang materi Tanda tangan dan nama lengkap

Collaboration

·        Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Tanda tangan dan nama lengkap

·        Mencatat semua informasi tentang materi Tanda tangan dan nama lengkap yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Communication

·        Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Tanda tangan dan nama lengkap berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

·        Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Tanda tangan dan nama lengkap dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

Creativity

Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Tanda tangan dan nama lengkap

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

C. PENILAIAN

 

-         Sikap  : Lembarpengamatan,              - Pengetahuan : LK pesertadidik,                 -  Ketrampilan: Kinerja&observasidiskusi

 

Mengetahui,

Semarang,   Juli 2020

Kepala Sekolah  

Guru Mata Pelajaran

 

Achmad Fauzi S.Pd.I.M.Pd.

 

 

 

 

 

Riza Arifiani,S.Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                    :   SMK ASKHABUL KAHFI

Mata Pelajaran         :   BAHASA INGGRIS

Kelas/Semester        :  XII TKRO / 1

Alokasi Waktu          : 4 x 45 menit

KD                    : 3.2  dan 4.2

Pertemuanke  : 4

Materi

:

SURAT LAMARAN KERJA

 

A. TUJUAN

          Menirukan guru membacakan beberapa surat lamaran dengan ucapan, dan tekanan kata yang benar.

          Mengaitkan kualifikasi dengan pekerjaan yang dilamar, dan membahas kesesuaiannya

          Mengidentifikasi perbedann dan persamaan kalimat-kalimat pembuka, pernyataan kualifikasi, dan bagian-bagian lainnya

          Membuat setiap bagian surat lamaran kerja disesuaikan dengan persyaratan yang tertera di iklan lowongan kerja

          Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja

          Menyusun teks khusus surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

 

B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Media :

Ø Worksheet atau lembarkerja (siswa)

Ø Lembar penilaian

Ø LCD Proyektor/ Slide presentasi (ppt)

Alat/Bahan :

Ø Penggaris, spidol, papantulis

Ø Laptop & buku paket

 

 

PENDAHULUAN

·        Guru mengkondisikan siswa untuk belajar dengan mengucapkan salam kepada siswa, berdoa ketika memulai pembelajaran dan menanyakan siswa yang tidak hadir.

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

·        Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ungkapan dan kosakata yang sesuai dan Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.

·        Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

·        Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Critical Thinking

·       Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : Mengajukan pertanyaan tentang materi  Ungkapan dan kosakata yang sesuai dan Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.

Collaboration

·        Mencatat semua informasi tentang materi Unsur kebahasaan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

·        Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Unsur kebahasaan sesuai dengan pemahamannya.

·        Mengolah informasi dari materi Unsur kebahasaan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

Communication

·        Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Ungkapan dan kosakata yang sesuai dan Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.

Creativity

Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Ungkapan dan kosakata yang sesuai dan Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

C. PENILAIAN

-         Sikap  : Lembarpengamatan,              - Pengetahuan : LK pesertadidik,                 -  Ketrampilan: Kinerja&observasidiskusi

 

 

 

Mengetahui,

 

 

Semarang,   Juli 2020

Kepala Sekolah  

Guru Mata Pelajaran

 

Achmad Fauzi S.Pd.I.M.Pd.

 

Riza Arifiani,S.Pd

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN HARIAN BAHASA INGGRIS BAB 1 K13 KELAS 8