RPP BAHASA INGGRIS K13 (REVISI 2020) SMK KELAS 12 BAB 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK
ASKHABUL KAHFI Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS |
Kelas/Semester : XII TKRO / 1 Alokasi Waktu : 4 x 45 menit |
KD : 3.2
dan 4.2 Pertemuanke : 1 |
||
Materi |
: |
SURAT
LAMARAN KERJA |
||
A. TUJUAN
•
Menirukan guru membacakan beberapa
surat lamaran dengan ucapan, dan tekanan kata yang benar. •
Mengaitkan kualifikasi dengan
pekerjaan yang dilamar, dan membahas kesesuaiannya •
Mengidentifikasi perbedann dan
persamaan kalimat-kalimat pembuka, pernyataan kualifikasi, dan bagian-bagian
lainnya •
Membuat setiap bagian surat lamaran
kerja disesuaikan dengan persyaratan yang tertera di iklan lowongan kerja •
Menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk
surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar
belakang pendidikan/pengalaman kerja •
Menyusun teks khusus surat lamaran
kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang
pendidikan/pengalaman kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks |
B.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet
atau lembarkerja (siswa) Ø Lembar penilaian Ø LCD
Proyektor/ Slide presentasi (ppt) |
Alat/Bahan : Ø Penggaris,
spidol, papantulis Ø Laptop
& buku paket |
PENDAHULUAN |
·
Guru mengkondisikan siswa untuk
belajar dengan mengucapkan salam kepada siswa, berdoa ketika memulai
pembelajaran dan menanyakan siswa yang tidak hadir. |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan Literasi |
·
Guru memotivasi siswa dengan
pertanyaan apersepsi terkait tentang lamaran kerja: “Pernahkah
kalian melihat surat lamaran pekerjaan? Bagaimana cara
penulisan surat lamaran pekerjaan dalam bahasa inggris? ·
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran
hari ini tentang menawarkan jasa. |
Critical
Thinking |
·
Guru memberikan
video dan gambar pembahasan tentang lamaran kerja ·
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan video dan gambar yang disajikan
dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, |
|
Collaboration |
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Fungsi
sosial |
|
Communication |
Peserta
didik menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Fungsi sosial
berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. |
|
Creativity |
·
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan ·
Menjawab pertanyaan tentang materi Fungsi sosial yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. |
|
PENUTUP |
· Guru bersama peserta
didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat ·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C. PENILAIAN
-
Sikap : Lembarpengamatan, - Pengetahuan : LK
pesertadidik, - Ketrampilan: Kinerja&observasidiskusi |
|
|||||||||
|
|
|||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK
ASKHABUL KAHFI Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS |
Kelas/Semester : XII TKRO / 1 Alokasi Waktu : 4 x 45 menit |
KD : 3.2
dan 4.2 Pertemuanke : 2 |
||
Materi |
: |
SURAT
LAMARAN KERJA |
||
A. TUJUAN
•
Menirukan guru membacakan beberapa
surat lamaran dengan ucapan, dan tekanan kata yang benar. •
Mengaitkan kualifikasi dengan
pekerjaan yang dilamar, dan membahas kesesuaiannya •
Mengidentifikasi perbedann dan
persamaan kalimat-kalimat pembuka, pernyataan kualifikasi, dan bagian-bagian
lainnya •
Membuat setiap bagian surat lamaran
kerja disesuaikan dengan persyaratan yang tertera di iklan lowongan kerja •
Menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam
bentuk surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri,
latar belakang pendidikan/pengalaman kerja •
Menyusun teks khusus surat lamaran
kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang
pendidikan/pengalaman kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks |
B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet
atau lembarkerja (siswa) Ø Lembar penilaian Ø LCD
Proyektor/ Slide presentasi (ppt) |
Alat/Bahan : Ø Penggaris,
spidol, papantulis Ø Laptop
& buku paket |
PENDAHULUAN |
·
Guru mengkondisikan siswa untuk
belajar dengan mengucapkan salam kepada siswa, berdoa ketika memulai
pembelajaran dan menanyakan siswa yang tidak hadir. |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan Literasi |
·
Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi : Tempat dan tanggal,
Penerima dan alamatnya, Sapaan, Isi surat serta Penutup ·
Pemberian contoh-contoh materi Tempat dan tanggal, Penerima dan
alamatnya, Sapaan, Isi surat serta Penutup untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb |
Critical
Thinking |
·
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi Tempat dan tanggal, Penerima dan
alamatnya, Sapaan, Isi surat serta Penutup |
|
Collaboration |
·
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam
buku paket mengenai materi Tempat dan tanggal, Penerima dan alamatnya,
Sapaan, Isi surat serta Penutup ·
Mengolah informasi dari materi Tempat dan tanggal, Penerima dan
alamatnya, Sapaan, Isi surat serta Penutup yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan
mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. |
|
Communication |
Menyampaikan hasil diskusi
tentang materi Tempat dan tanggal, Penerima dan alamatnya, Sapaan, Isi
surat serta Penutup berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara
lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan. |
|
Creativity |
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Tempat dan
tanggal, Penerima dan alamatnya, Sapaan, Isi surat serta Penutup yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran. |
|
PENUTUP |
· Guru bersama peserta
didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat ·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C. PENILAIAN
-
Sikap : Lembarpengamatan, - Pengetahuan : LK
pesertadidik, - Ketrampilan: Kinerja&observasidiskusi |
|
|||||||||
|
|
|||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK
ASKHABUL KAHFI Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS |
Kelas/Semester : XII TKRO / 1 Alokasi Waktu : 4 x 45 menit |
KD : 3.2
dan 4.2 Pertemuanke : 3 |
||
Materi |
: |
SURAT
LAMARAN KERJA |
||
A. TUJUAN
•
Menirukan guru membacakan beberapa
surat lamaran dengan ucapan, dan tekanan kata yang benar. •
Mengaitkan kualifikasi dengan
pekerjaan yang dilamar, dan membahas kesesuaiannya •
Mengidentifikasi perbedann dan
persamaan kalimat-kalimat pembuka, pernyataan kualifikasi, dan bagian-bagian
lainnya •
Membuat setiap bagian surat lamaran
kerja disesuaikan dengan persyaratan yang tertera di iklan lowongan kerja •
Menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk
surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar
belakang pendidikan/pengalaman kerja •
Menyusun teks khusus surat lamaran
kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang
pendidikan/pengalaman kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks |
B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet
atau lembarkerja (siswa) Ø Lembar penilaian Ø LCD
Proyektor/ Slide presentasi (ppt) |
Alat/Bahan : Ø Penggaris,
spidol, papantulis Ø Laptop
& buku paket |
PENDAHULUAN |
·
Guru mengkondisikan siswa untuk
belajar dengan mengucapkan salam kepada siswa, berdoa ketika memulai
pembelajaran dan menanyakan siswa yang tidak hadir. |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan Literasi |
·
Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi : Tanda tangan dan nama
lengkap ·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung ·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
Critical
Thinking |
·
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi Tanda tangan dan nama lengkap |
|
Collaboration |
·
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam
buku paket mengenai materi Tanda tangan dan nama lengkap ·
Mencatat semua informasi tentang materi Tanda tangan dan nama
lengkap yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
|
Communication |
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang materi Tanda tangan dan nama lengkap berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan. ·
Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag
materi Tanda tangan dan nama lengkap
dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. |
|
Creativity |
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Tanda tangan dan nama lengkap |
|
PENUTUP |
· Guru bersama peserta
didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat ·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C. PENILAIAN
-
Sikap : Lembarpengamatan, - Pengetahuan : LK
pesertadidik, - Ketrampilan: Kinerja&observasidiskusi |
|
|||||||||
|
|
|||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK
ASKHABUL KAHFI Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS |
Kelas/Semester : XII TKRO / 1 Alokasi Waktu : 4 x 45 menit |
KD : 3.2
dan 4.2 Pertemuanke : 4 |
||
Materi |
: |
SURAT
LAMARAN KERJA |
||
A. TUJUAN
•
Menirukan guru membacakan beberapa
surat lamaran dengan ucapan, dan tekanan kata yang benar. •
Mengaitkan kualifikasi dengan
pekerjaan yang dilamar, dan membahas kesesuaiannya •
Mengidentifikasi perbedann dan
persamaan kalimat-kalimat pembuka, pernyataan kualifikasi, dan bagian-bagian
lainnya •
Membuat setiap bagian surat lamaran
kerja disesuaikan dengan persyaratan yang tertera di iklan lowongan kerja •
Menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam
bentuk surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri,
latar belakang pendidikan/pengalaman kerja •
Menyusun teks khusus surat lamaran
kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang
pendidikan/pengalaman kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks |
B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet
atau lembarkerja (siswa) Ø Lembar penilaian Ø LCD
Proyektor/ Slide presentasi (ppt) |
Alat/Bahan : Ø Penggaris,
spidol, papantulis Ø Laptop
& buku paket |
PENDAHULUAN |
·
Guru mengkondisikan siswa untuk
belajar dengan mengucapkan salam kepada siswa, berdoa ketika memulai
pembelajaran dan menanyakan siswa yang tidak hadir. |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan Literasi |
·
Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi : Ungkapan dan kosakata
yang sesuai
dan Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan. ·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung ·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
Critical
Thinking |
·
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi Ungkapan dan kosakata yang sesuai dan Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan. |
|
Collaboration |
·
Mencatat semua informasi tentang materi Unsur kebahasaan yang
telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar. ·
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Unsur kebahasaan sesuai
dengan pemahamannya. ·
Mengolah informasi dari materi Unsur kebahasaan yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. |
|
Communication |
·
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang
materi : Ungkapan dan kosakata yang sesuai dan Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan. |
|
Creativity |
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Ungkapan dan kosakata yang sesuai dan Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan. |
|
PENUTUP |
· Guru bersama peserta
didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat ·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C. PENILAIAN
-
Sikap : Lembarpengamatan, - Pengetahuan : LK
pesertadidik, - Ketrampilan: Kinerja&observasidiskusi |
|
|||||||||
|
|
|||||||||
Komentar