CONTOH RPP PERSONAL LETTER / PRIVATE LETTER
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas
/ Semester : XI / 1
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Topik : Personal Letter
/ Private Letter
Pertemuan
ke- : 1
Alokasi
Waktu : 1 x 45
A.
Kompetensi
Inti
1.1. Menghargai
dan menghayati ajaran Agama yang dianutnya
2.1. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, Tanggung Jawab, Percaya Diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan social
4.1. Mencoba,
Mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (merangkai, memodifikasi dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah
B.
Kompetensi
Dasar
1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
Internasional
2. Menunjukan
perilaku santun dan tanggungjawab melaksanakan komunikasi inter personal dengan
guru dan teman
3. Membuat
teks sederhana dalam bentuk paragraf dengan tema bebas
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran
siswa diharapkan dapat :
1. Membedakan
jenis surat dalam Bahasa Inggris
2. Membuat
Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris
3. Percaya
Diri ketika mengirim surat dalam Bahasa Inggris kepada orang terdekat
D.
Materi
Pembelajaran
There are Kinds of Letter :
1. Business
Letter
2. Invitation
Letter
3. Personal
Letter
But this meeting we will discuss about
Personal Letter. Personal Letter is A way of keeping in touch with friends,
families or someone to Express your feelings or thoughts in certain social
situations.
Parts or Personal Letter
a. The
Heading
Contains three lines : one line writer’s
street address, one for the city, state and zip code, one for the date.
b. The
Body
The body is the main part,
c. The
Clossing
Your way to saying good bye
Example :
|
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Masuk dan mengucapkan salam kemudian
mencatat kehadiran siswa
b.
Menanyakan kabar siswa
|
a.
Menjawab salam guru
b.
Merespon guru
|
8 menit
|
Inti
|
Observing
a.
Menanyakan apakah siswa pernah mengirim surat
kepada orang terdekatnya
b.
Jika pernah, menanyakan jenis surat yang mereka
ketahui
|
a.
Menjawab pertanyaan guru
b.
Memberitahukan tata cara penulisannya
|
29 menit
|
|
Questioning
a.
Menanyakan tata cara penulisan surat
|
a.
Menjawab pertanyaan guru
|
|
|
Associating
a.
Menjelaskan salah satu jenis surat yang akan
dibahas
b. Memberikan contoh
surat pribadi kepada siswa
c.
Meminta siswa untuk membaca dan menjawab
pertanyaan yang ada pada contoh
|
a.
Mendengarkan guru
b.
Mengamati gambar
c.
Membaca dan menjawab pertanyaan
|
|
|
Experimenting
a.
Meminta siswa untuk membentuk kelompok yang
terdiri dari 5 orang untuk setiap kelompok
b. Memberikan
aturan dalam membuat teks surat pribadi
c.
Mempersilahkan siswa untuk membuat teks surat
dalam kelompok
|
a.
Membentuk kelompok
b.
Mendengarkan perintah guru
c.
Nembuat teks surat pribadi sesuai dengan aturan
yang telah ditentukan
|
|
|
Networking
a.
Menyiapkan pertanyaan untuk tiap kelompok
b. Meminta untuk
tiap kelompok menukar teks tersebut
c.
Meminta untuk Tiap kelompok mempresentasikan hasil
karya kelompok lain dan menjawab pertanyaan yang telah disiapkan
|
a.
Memperhatikan guru
b.
Menukar teks surat pribadi dengan kelompok lain
c.
Mempresentasikan dan menjawab pertanyaan tersebut
|
|
Penutup
|
a.
Meminta untuk mengumpulkan teks yang telah dibuat
tersebut
b.
Menanyakan apakah siswa memahami materi tersebut
c.
Memberikan tugas untuk membuat surat pribadi secara
individu
d.
Mengucapkan salam dan meninggalkan ruangan
|
a.
Mengumpulkan surat tersebut
b.
Menjawab pertanyaan guru
c.
Menerima tugas guru
d.
Menjawab salam guru
|
8 menit
|
F.
Sumber
Belajar
LKS
“Tuntas” Tuntunan Ke Universitas untuk SMA/MA Kelas XI
G.
Penilaian
I. I. Teknik : Tes Tulis dan Product
Bentuk : Membuat Teks
Instrumen :
1. Each
student should make minim 2 sentences, the first student write 2 sentences and
followed by the second student and soon. But each sentences should connect with
the next sentences !
2. Answer
this question.
a. What
is the purpose of the letter ?
b. Who
receive the letter ?
c. What
is the main idea of the paragraph?
d. What
is the writer’s hope?
e. Who
send the letter?
I II. Pedoman
Penilaian
NO
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
SKOR
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Content
|
|
|
|
|
2
|
Text
Organization (Tata Tulis)
|
|
|
|
|
3
|
Vocabulary
|
|
|
|
|
4
|
Grammar
|
|
|
|
|
Keterangan skor
:
4 = sangat baik
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang Baik
Penentuan
penilaian : skor peroleh x 100
skor maksimal
III. Pedoman
Penilaian terhadap pengembangan karakter siswa
Nama Siswa
|
Santun
|
Berani
|
Kerjasama
|
|||||||||
Bt
|
Mt
|
Mb
|
Mk
|
Bt
|
Mt
|
Mb
|
Mk
|
Bt
|
Mt
|
Mb
|
Mk
|
|
Riri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Najwa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Maska
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
A. Santun
BT :
Belum Terlihat (belum menunjukan tanda-tanda kesantunan)
MT :
Mulai Terlihat (mulai menunjukan tanda-tanda kesantunan)
MB :
Mulai Berkembang (mulai konsisten menunjukan kesantunan)
MK :
Membudayakan Konsisten (konsisten menunjukan kesantunan)
B. Berani
BT : Belum Terlihat (belum menunjukan
tanda-tanda keberanian)
MT : Mulai Terlihat (mulai menunjukan
tanda-tanda keberanian)
MB : Mulai Berkembang (mulai konsisten
menunjukan keberanian)
MK : Membudayakan Konsisten (konsisten
menunjukan keberanian)
C. Bekerjasama
BT : Belum Terlihat (belum menunjukan
tanda-tanda bekerjasama)
MT : Mulai Terlihat (mulai menunjukan
tanda-tanda bekerjasama)
MB : Mulai Berkembang (mulai konsisten
menunjukan bekerjasama)
MK : Membudayakan Konsisten (konsisten
menunjukan bekerjasama)
Tegal,
14 Oktober 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Komentar